Premi Bruto BRI Life Tumbuh 30% Tahun 2022

Jumat, 13 Jan 2023

JAKARTA, ID – PT Asuransi BRI Life (BRI Life) membukukan pertumbuhan signifikan di tengah ketidakpastian pasar asuransi jiwa di Indonesia. Sepanjang 2022, premi bruto tumbuh sebesar 30% year on year (yoy) mencapai Rp 8,11 triliun.

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila mengungkapkan, pencapain premi bruto itu sejalan dengan realisasi produksi premi baru ekivalen yang disetahunkan (Annualized Premium Equivalent/APE). APE dalam hal ini dicatatkan tumbuh 30% menjadi mencapai Rp 3,26 triliun. “Pertumbuhan ini ditopang oleh strategi untuk melakukan penetrasi di semua segmen nasabah BRI dengan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing segmen, menggunakan teknologi digital untuk mempermudah proses dan memitigasi risiko,” ungkap Iwan dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023). Menurut dia, tren positif yang diraih tidak bisa dilepaskan dari kontribusi insaninsan perusahaan yakni BRILiaN Tangguh yang berhasil menjalankan berbagai inisiatif dengan baik. Dengan demikian, seluruh elemen, mulai dari pemasaran, operasional dan back office support, dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan BRILife di tahun 2022. Iwan menilai, dukungan yang luar biasa dari para pemegang saham menjadi faktor penentu dalam mencapai kinerja BRI Life tersebut. Dukungan dari BRI dan FWD mulai dari perluasan pasar hingga sokongan tenaga ahli tak luput jadi bagian besar dalam perkembangan bisnis perusahaan. “Support dari BRI dalam melakukan penetrasi di seluruh segmen nasabah dengan memanfaatkan teknologi digital, dukungan dari FWD melalui expertise di sisi pengelolaan risiko asuransi jiwa dan di sisi pemanfaatan teknologi digital, serta dukungan Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI (YKP) memberi andil yang sangat besar bagi pencapaian kinerja yang luar biasa ini,” terang dia.

Sebelumnya, Iwan menyampaikan, BRI dan FWD sebagai induk mendorong perseroan menjadi pemain besar di industri asuransi jiwa. Targetnya adalah masuk Top-5 sebagai perusahaan penghasil premi bruto (gross written premium/GWP) terbesar pada tahun 2025. Aspirasi tersebut terus diupayakan dan telah berjalan sesuai rencana. Salah satu indikator yakni masuk kategori Top3 dalam hal pendapatan premi baru yang disetahunkan (APE). “Kita berharap pertumbuhan sampai dengan 2022 nanti bisa membawa kita ke tingkat selanjutnya seperti yang diinginkan pemegang saham. Walaupun memang sampai dengan akhir Maret 2022, BRI Life menempati posisi kedelapan dari aspek gross written premium,” beber Iwan. Dia menjelaskan, menggenjot bisnis sejak awal tahun 2022 menjadi bagian dari strategi perusahaan. Karena bisnis asuransi jiwa sempat diprediksi melambat seiring dengan waktu produksi yang relatif lebih singkat dengan adanya puasa, mudik lebaran, dan cuti bersama. Namun demikian, pertumbuhan  premi  2022 masih ditargetkan di atas rata-rata industri. “Strategi kita adalah tumbuh diatas industri kalau mau  gain market share. Nah itu yang akan terus dorong. Kalau industri (sempat diperkirakan) tumbuh 10-15% pada tahun ini, kalau bisa kita double, jadi lumayan untuk bisa mengejar target selanjutnya,” kata Iwan.

Di sisi lain, BRI Life menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan tema Tumbuh Berkelanjutan, Tangguh Mengeksekusi. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan untuk memastikan seluruh BRILiaN Tangguh di BRILife memahami strategi yang akan dilakukan untuk melampaui target yang telah ditetapkan untuk tahun 2023. Seluruh rencana strategis telah dirangkum dalam Target Operating Model untuk tahun 2023. Rakernas pun telah berhasil digelar selama 2 hari, dari tanggal 9-10 Januari 2023 di Jakarta dan dihadiri langsung oleh Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Syariah. Dalam kesempatan itu, Iwan menyatakan, keberhasilan di tahun 2022 tidak menjamin dapat berlanjut di tahun ini. Oleh karena itu, setiap BRILiaN Tangguh di BRILife harus dapat melaksanakan seluruh inisiatif strategis yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan harus dapat mengidentifikasi risiko yang dapat menggagalkan pencapaian target perusahaan. Dia meyakini, dengan kerja keras dan kerja cerdas dari insan BRILiaN Tangguh, BRI Life bisa mencapai target yang telah dirancang. “Implementasi eksekusi seluruh inisiatif strategis yang dirangkum dalam Target Operating Model untuk tahun 2023 harus dapat dilakukan secara disiplin, untuk dapat memastikan pencapaian seluruh rencana yang telah dibuat,” jelas Iwan. Lebih lanjut, BRI Life juga telah mempersiapkan produk baru yang dibutuhkan oleh berbagai segmen nasabah di BRI. Perseroan terus fokus pada pemenuhan kebutuhan perlindungan asuransi jiwa bagi seluruh segmen yang ada, dengan fokus pada produk proteksi untuk segmen retail dan mikro, serta penyediaan produk proteksi dan investasi untuk segmen prioritas.

Sumber: Investor Daily 13 Januari 2023


One Line News

Investalearning.com
Admin (Online)